Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Bisa Terbaca

Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Bisa Terbaca-Apakah pernah kamu mengalami kartu sim tidak terbaca di HP mu?Kalo pernah pasti kamu akan merasa kesal sekali bukan.Ha ini tidak bisa dihindari walaupun secanggih apapun smartphone kamu.Beberapa kemungkinan alasan mungkin karena pengguna tidak memasukkan kartu SIM dengan benar atau perangkat Android pengguna memiliki masalah pada software atau hadware.


Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Bisa Terbaca
Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Bisa Terbaca


Apapun alasan kartu sim tidak bisa terbaca pasti ada cara untuk memperbaikinya,sebelum masuk ke topik utama mari cari tau Apa Penyebab Kartu SiM Tidak Biasa Terbaca?


1.Usia kartu SIM Yang Sudah Terlalu Tua


Setiap barang yang ada didunia meski memiliki masa pakainya sendiri,tidak terkecuali kartu SIM.Masa berlaku kartu SIM itu beragam.


Masa aktif kartu biasanya mencapai usia 3-5 Tahunan di usia ini kuningan pada kartu akan mengalami degradasi.


2.Kuningan Kartu SIM Telah Rusak


KUNINGAN pada kartu SIM adalah bagian paling penting yang ada pada kartu SIM,disini data data penting kalian tersimpan.


Yang menyebabkan kuningan rusak adalah goresan pada kuningan.Goresan pada kuningan bisa terjadi karena kartu sering di pindah pindahkan antar smartphone.

3.Kartu SIM terlalu Panas


Maslah panas berlebihan tidak hanya terjadi pada mesin.ini juga bisa terjadi pada kartu SIM.Kartu SIM biasanya terletak pada daerah smartphone yang rawan panas.Panas smartphone juga akan membuat kartu SIM menjadi tidak terbaca.


Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Bisa Terbaca

Kamu sudah mengetahui penyebab kartu sim tidak bisa terbaca,selanjutnya mari baca Cara Mengatasi kartu SIM tidak Bisa Terbaca

1.Mulai Ulang Smartphone kamu


Cara Ini adalah cara simple dan cara yang harus pertama kali dilakukan.Terkadang terjadi masalah pada perangkat lunak dan jika anda merestart hp masalah itu akan bisa teratasi.

2.Ubah Mode Jaringan Ke Otomatis


Mengubah mode jaringan menjadi otomatis adalah Metode yang patut dicoba. Kamu bisa melakukan langkah ini dengan membuka Pengaturan > Jaringan Seluler > Mode Jaringan > dan memilih opsi pertama, yaitu LTE/WCDMA/GSM (koneksi otomatis).

3.Gunakan Mode Pesawat



Mengaktifkan mode pesawat adalah salah satu cara mengatasi Kartu SIM tidak Bisa Terbaca.Kalian bisa mengaktifkan mode ini dengan menekan logo pesawat jika anda pertama kali mengaktifkan mode pesawat pasti akan mendapat peringatan.Tidak perlu panik jika anda mendapat peringatan,karena mengaktifkan mode pesawat hanya mematikan jaringan yang masuk ke smartphone kalian dan mereset jaringan hp kalian.

4.Bersihkan kartu SIM


Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Bisa Terbaca
Cara Mengatasi Kartu SIM yang Tidak Bisa Terbaca


Jika dengan cara di atas masalah pada ponselkalian belum teratasi kalian bisa membersihkan kartu SIM kalian.Buka kartu SIM dari slot di hp dan bersihkan debu debu yang menempel.kalian jiga bisa membesihkan debu yang menempel menggunakan penghapus putih dengan menggosoknya secara perlahan.


Setelah kartu SIM dibersihkan kamu bisa langsung memasukannya ke slot di kartu dan kembali menyalakannya smartphone kalian.


5.Lakukan Konstultasi dengan Custemer Service


Cara mengatasi kartu SIM tidak bisa terbaca di smartphone yang terakhir adalah dengan mendatangi atau menghubungi customer service  dari operator seluler yang digunakan.

Ini adalah opsi paling akhir, termasuk untuk kamu yang nggak ingin mendapatkan risiko lebih buruk terjadi pada kartu SIM. Karena dengan cara ini kamubisa mengatasi permasalahan langsung dengan ahlinya.

Jika kartu SIM yang kamu gunakan ternyata memang rusak dan tidak bisa dipakai lagi, maka customer service akan menawarkan penggantian kartu SIM.

Baca Juga:


Akhir Kata

Nah,itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM yang tidak bisa terbaca.Perlu dicatat cara diatas bisa anda lakukan di OS android maupun iPhone.




LihatTutupKomentar